Sejarah

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم و رحمة الله ؤ بركاته

Puji serta syukur dipanjatkan ke hadirat Allah Swt. Dengan izin dan karunia-Nya, Fakultas Syariah Unisba terus berkiprah membina kader Muslim yang Mujahid (pejuang), Mujtahid (peneliti), dan Mujaddid (pembaharu. Fakultas Syariah merupakan fakultas tertua di Unisba yang didirikan pada 15 Nopember 1958.

Fakultas Syariah Unisba saat ini memiliki tiga program studi (prodi), yaitu: Prodi Ahwal Al-Syakhshiyah (Hukum Keluarga Islam) dengan akreditasi Baik Sekali berdasarkan SK BAN-PT No. 1947/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2020, Prodi Hukum Ekonomi Syariah (semula Prodi Muamalah) dengan akreditasi B berdasarkan SK BAN-PT No. 1112/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2017 dan Prodi Perbankan Syariah dengan akreditasi (dalam proses akreditasi) berdasarkan SK BAN-PT No. 27/SK/BAN-PT/Min-Akred/VI/2019, minimal akreditasi pada prodi Perbankan Syariah karena baru berdiri. Ketiga prodi tersebut dalam pelaksanaan tri darma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengaajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat ditopang oleh para dosen yang mumpuni di bidangnya baik secara background keilmuan maupun pengakuan dari masyarakat, dan sarana prasarana yang lebih dari memadai.

Semoga ke depan, Fakultas Syariah Unisba dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat di dalam menghasilkan lulusan yang berakidah shahihah, berilmu yang manfaat, beramal shalihah, dan berakhlak karimah. Penguasaan perkembangan ilmu dan teknologi yang tepat sesuai perkembangan jaman, berinovasi yang bertanggung jawab, serta menjalin silaturahim dan kerja sama dengan berbagai pihak baik secara regional, nasional, dan internasional terus dikembangkan. Semoga Allah Swt. senantiasa membimbing dan meridoi Langkah kami.

Kepada semua pihak yang telah banyak berkontribusi untuk kemajuan Fakultas Syariah Unisba, dihaturkan ucapan terima kasih yang tak terhingga teriring doa: jazaakumullah khairan katsiran

و السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Dekan Fakultas Syariah

Universitas Islam Bandung

ttd

Titin Suprihatin, Dra., M.Hum.

Visi, Misi & Tujuan

VISI

Menjadi Fakultas Syari’ah rujukan yang unggul dalam pengembangan bidang hukum keluarga Islam dan bidang keuangan dan perbankan Syari’ah yang berkualitas pada tahun 2025 di Indonesia.

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan bidang hukum keluarga islam dan bidang keuangan dan perbankan Syari’ah.
  2. Menyelenggarakan penelitian serta pengabdian pada masyarakat dalam bidang hukum keluarga islam dan bidang keuangan dan perbankan Syari’ah yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kerjasama dengan intansi-intansi yang berkaitan dengan bidang Hukum Keluarga Islam dan bidang keuangan dan perbankan Syari’ah.

TUJUAN

Berdasarkan dengan tujuan pendidikan dan statuta Unisba, tujuan pendidikan S1 Fakultas Syari’ah Unisba adalah terciptanya sarjana muslim yang mujahid, mujtahid, dan mujaddid dengan kualifikasi sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Allah SWT., berakhlak mulia, terampil, berilmu amaliah dan beramal ilmiah.
  2. Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai sarjana islam yang
    berwawasan Islam.
  3. Bersifat terbuka, peka terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun
    masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
  4. Mampu mengenali, mengamati, dan melakukan pendekatan dan penalaran permasalahan berdasarkan kajian Islam.
  5. Kompeten dalam bidang hukum keluarga islam dengan kualitas tinggi yang mampu bersaing dalam memasuki pasar global.
  6. Kompeten dalam bidang keuangan dan perbankan Syari’ah dengan kualitas tinggi yang mampu bersaing dalam memasuki pasar global.

Program Studi

PROGRAM STUDI JENJANG AKREDITASI LINK TELEPON
Hukum Keluarga Islam S1 Baik Sekali https://syariah.unisba.ac.id/  
Hukum Ekonomi Syariah S1 B  
Perbankan Syariah S1    
Magister Ekonomi Syariah S2 B