Visi, Misi & Tujuan

Visi

Terwujudnya Fakultas Hukum yang mandari, maju, terkemuka, dan professional berasaskan nilai-nilai Islam dan mampu menghadapi tantangan di Asian tahun 2026.

Misi

Adapun misi Fakultas Hukum UNISBA, adalah:

  1. Mendorong terwujudnya lembaga pendidikan hukum dengan tata kelola berasaskan nilai-nilai Islam yang mampu memberikan solusi terhadap permasalahan hukum pada tingkat Nasional dan Regional.
  2. Mendorong terlaksananya penelitian hukum yang berasaskan nilai-nilai Islam dan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu hukum.
  3. Mendorong terlaksananya pengabdian kepada masyarakat yang berasaskan nilai-nilai Islam melalui pendayagunaan ilmu hukum dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan

Tujuan Fakultas Hukum Unisba adalah terwujudnya tata kelola Program Studi Ilmu Hukum untuk menghasilkan lulusan yang berakhlakul karimah, mandiri, profesional, dan mampu menjadi pelopor, serta rujukan masyarakat, baik di tingkat nasional, maupun regional.

Prospek Lulusan

Program Studi Ilmu Hukum telah menetapkan profil lulusan, setelah melihat peran alumni di masyarakat, dan meminta masukan dari stakeholders. Profil lulusan yang telah ditetapkan oleh PSIH yaitu,

a.  Asisten Konsultan Hukum yang mampu menyelesaikan masalah atau kasus hukum melalui penerapan metode berpikir yuridis berdasarkan pengetahuan teoretis tentang sumber, asas/prinsip, dan norma hukum dari berbagai bidang Hukum baik sengketa litigasi maupun non Litigasi dan mampu bersikap etis, adil, taat hukum, peka, dan peduli terhadap lingkungan sosial yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

b.  Asisten Pembuat Peraturan Perundang-undangan yang mampu menyusun konsep melalui penerapan metode berpikir yuridis berdasarkan pengetahuan teoretis tentang sumber, asas/prinsip, dan norma hukum dari berbagai bidang Hukum dalam menyusun naskah akademik rancangan undang-undang, draft, dan peraturan perundang-undangan serta mampu bersikap etis, adil, taat hukum, peka, dan peduli terhadap lingkungan sosial yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

c.  Staff Hukum di Perusahaan yang mampu mengambil keputusan secara akademik, mandiri dan bertanggungjawab dalam menyelesaikan masalah atau kasus hukum, serta mampu bekerjasama dengan sejawat dalam menyusun draft kontrak ketenagakerjaan, kontrak  kerjasama klien, dan kontrak kerjasama pemerintah serta mampu bersikap etis, adil, taat hukum, peka, dan peduli terhadap lingkungan sosial yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

d.  (Calon) Penegak Hukum yang mampu mengambil keputusan secara akademik, mandiri dan bertanggungjawab dalam menyelesaikan masalah atau kasus hukum, serta mampu bekerjasama dengan sejawat dan mampu bersikap etis, adil, taat hukum, peka, dan peduli terhadap lingkungan sosial yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

e.  Wirausahawan yang mampu menyusun konsep penyelesaian masalah atau kasus hukum melalui penerapan metode berpikir yuridis berdasarkan pengetahuan teoretis tentang sumber, asas/prinsip, dan norma hukum dari berbagai bidang Hukum, yang merupakan keahlian dasar untuk menjalankan profesi hukum dan mampu bersikap etis, adil, taat hukum, peka, dan peduli terhadap lingkungan sosial yang berlandaskan nilai-nilai Islam

Program Studi

PROGRAM STUDI JENJANG AKREDITASI LINK TELEPON
Ilmu Hukum S1 Unggul https://fh.unisba.ac.id/ (022) 420 3368 Ext. 7405
Magister Ilmu Hukum S2 A (022) – 4203368 – ext. 8105
Doktor Ilmu Hukum S3 B (022) – 4203368 – ext. 8105