Sejarah

SEJARAH FAKULTAS MIPA UNISBA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) merupakan fakultas yang menaungi ilmu-ilmu murni dan kealaman. Pembentukan fakultas ini di Universitas Islam Bandung adalah sebagai salah satu bentuk perwujudan dan rasa tanggung jawab moral para pendirinya agar ilmu-ilmu murni dan kealaman dapat ditumbuhkembangkan. Di samping itu dengan berdirinya fakultas ini diharapkan minat masyarakat terhadap bidang keilmuan tersebut akan meningkat karena pada masa berdirinya keinginan masyarakat untuk berkiprah dalam ilmu-ilmu murni dan kealaman sangat rendah.

Faktor ilmu sangat penting dalam membuat sistem pendataan yang akurat dan eksak, namun tidak kalah pentingnya adalah faktor sumber daya manusia yang menata data dan informasi. Berawal sekitar tahun 1970 dari keinginan KHEZ Mutaqin sebagai Rekor Unisba kala itu, agar  Unisba bisa menghasilkan lulusan yang dapat mengelola dan menginformasikan data dengan jujur, sebab dalam masa pembangunan diperlukan sekali seorang statistikawan yang bukan saja menguasai , menghayati dan terampil dalam bidangnya, tetapi sekaligus seorang yang bermoral baik dan berakhlak luhur.

Atas dasar itulah pada awal tahun akademik 1972, UNISBA membuka Jurusan Statistika pada Fakultas Ilmu Pasti dan Pengetahuan Alam (FIPPA). Jurusan ini dinyatakan terdaftar pada tahun 1973 untuk program Sarjana Muda. Dalam perjalanannya Jurusan Statistika kemudian memperoleh status Terdaftar untuk program S1 berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 0637/0/1984. Kemudian pada tahun 1992 memperoleh status Disamakan untuk program S1 berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor : 38/DIKTI/KEP/1992. Status disamakan ini merupakan pengakuan tertinggi dari pemerintah atas pelaksanaan proses belajar mengajar pada perguruan tinggi swasta. Seiring dengan waktu ketika regulasi berubah, maka setiap lima tahun sekali mengajukan reakreditasi kepada BAN-PT. Perkembangan terakhir, pada tanggal 21 Agustus 2019 berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 3166/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019, Program Studi Statistika FMIPA Unisba mendapat reakreditasi baik (B) dengan skor nilai peringkat yang meningkat terus dari periode sebelumnya. Prodi Statistika juga sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 untuk manajemen mutu sejak bulan November 2012.

Sehubungan dengan PP. No. 27 tahun 1981 yang tidak memungkinkan Jurusan Statistika berdiri sendiri tanpa terkait dengan Matematika, maka pada bulan Agustus tahun 1983 didirikan Jurusan Matematika untuk jenjang Strata 1 (S1) yang memperoleh status diakui pada tahun 1992, dan pada tahun akademik 1998 Jurusan Matematika FMIPA Unisba telah terakreditasi berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 002/BAN-PT/Ak-II/XII/1998 tanggal 22 Desember 1988. Pada akreditasi tahun 2002 Jurusan Matematika memperoleh akreditasi C berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 009/BAN-PT/Ak-V/S1/IV/2002 tanggal 20 Mei 2002. Perkembangan terakhir,  pada reakreditasi tahun 2015 Program Studi Matematika memperoleh akreditasi B sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 788/BAN-PT/Akred/S/VI/2015 tanggal 27 Juni 2015. Pada bulan Juni 2020 BAN-PT mengeluarkan SK Nomor: 3697/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VI/2020 tentang Perpanjangan Akreditasi Prodi Matematika dengan peringkat B sampai 28 Juni 2025. Prodi Matematika juga telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 sejak bulan Nopember 2012. Pada bulan Juni 2019 Prodi Matematika berhasil terakreditasi internasional oleh Accreditation Service for International Colleges (ASIC) yang berpangkalan di Inggris.

Dalam perkembangan selanjutnya, untuk meningkatkan daya saing serta guna memenuhi kebutuhan tenaga kefarmasian yang berbasis keislaman di Jawa Barat khususnya serta di Indonesia umumnya, Unisba sebagai Institusi pendidikan memandang perlu untuk segera menyelenggarakan pendidikan di bidang farmasi dengan konsep kehalalan bahan yang ada di alam untuk produksi obat – obatan. Tujuannya adalah agar Unisba sebagai Institusi pendidikan dapat berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan tenaga kefarmasian. Salah satu upaya yang ditempuh oleh pimpinan Unisba pada saat itu menginstruksikan kepada Dekan Fakultas MIPA untuk segera dibentuk tim formatur pembukaan Program Studi Farmasi.

Pada tahun 2005/2006 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) membuka Program Studi Farmasi untuk jenjang S1 dan telah mendapatkan ijin penyelenggaraan program studi dari Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) untuk dua tahun, berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor: 1940/D/T/2006. Hasil perpanjangan ijin penyelenggaraan Progam Studi Berdasarkan Surat Keputusan Jendral Pendidikan Tinggi Nomor  1393/D/T/K-IV/2009 tertanggal 11 Maret 2009 Program Studi Farmasi memperoleh perpanjangan ijin penyelenggaraan sampai tahun 2013.

Pada tahun akademik 2010 Program Studi Farmasi FMIPA Unisba untuk pertama kalinya mengajukan akreditasi dan memperoleh status terakreditasi C sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 029/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010 tanggal 03 Desember 2010. Perkembangan terakhir hasil reakreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PTKes) tahun 2019 untuk lima tahun ke depan, Program Studi Farmasi FMIPA Unisba berdasarkan Surat Keputusan LAM PTKes (Decree) No: 0556/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2019 yang ditetapkan tanggal 29 September 2019, Program Studi Farmasi Unisba memperoleh peringkat baik (B). Sejak bulan November 2012 Prodi Farmasi juga telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008. Sejalan dengan program Rektor Unisba terpilih, maka pada tahun 2017 dibentuk Tim Pendirian Program Studi Profesi Apoteker (PSPA).  Pada tahap pertama tim mengajukan permohonan kepada Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI).  Pada tanggal 6 Juni 2020 APTFI mengeluarkan rekomendasi melalui surat bernomor 23/VI/SRT/APTFI/2020.  Tahap kedua tim mengajukan permohonan rekomendasi kepada LLDIKTI Wilayah IV.  Pada tanggal 1 September 2020 LLDIKTI Wilayah IV mengeluarkan untuk pendirian PSPA melalui surat bernomor 5483/LL4/AK/2020. Saat ini tim sedang menyusun kelengkapan berkas-berkas untuk pengajuan pendirian PSPA ke DIKTI.  Targetnya pada Semester Genap tahun akademik 2020/2021 sudah mengantongi izin operasional.

Visi, Misi, & Tujuan

Visi

Menjadi Fakultas yang mandiri, maju dan terkemuka dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengaplikasian MIPA berdasarkan nilai-nilai Islam

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran MIPA serta aplikasinya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional, beriman, bertaqwa dan berakhlaqul karimah sebagai mujahid, mujtahid dan mujaddid.
  2. Melaksanakan penelitian MIPA yang inovatif bagi kemaslahatan umat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan umat.
  4. Mengelola fakultas yang mengedepankan good faculty governance berlandaskan nilai-nilai Islam.

Tujuan

  1. Menghasilkan insan terdidik yang berpotensi Mujahid (pejuang), Mujtahid(peneliti), dan Mujaddid (pembaharu).
  2. Menghasilkan temuan-temuan baru di bidang MIPA yang bermanfaat bagi umat, masyarakat, bangsa dan negara, melalui berbagai kegiatan penelitian.
  3. Menegakkan nilai-nilai Islam dan budaya Islami secara damai kepada individu, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Program Studi

Program Studi Jenjang Akreditasi Link Telepon
Statistika S1 B https://statistika.unisba.ac.id/ (022) 4264064, 4203368 ext. 133
Matematika S1 Baik Sekali https://matematika.unisba.ac.id/  
Farmasi S1 B https://farmasi.unisba.ac.id/  
Profesi Apoteker Profesi   https://apoteker.unisba.ac.id/