Sejarah

Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung yang selanjutnya ditulis Unisba merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi di bawah naungan Unisba, berdiri pada tanggal 1 April tahun 1973. Dasar pemikiran pendirian Fakultas Psikologi Unisba  pada saat itu adalah adanya keinginan yang kuat dari beberapa tokoh pendiri Unisba untuk ikut ambil bagian dalam dunia pendidikan di bidang psikologi yang sangat dibutuhkan masyarakat namun keadaannya masih langka di Indonesia. Atas saran dari berbagai kalangan serta anjuran dari Guru Besar di Unisba serta keyakinan yang kuat bahwa prospek Ilmu Psikologi di masa mendatang akan sangat diperlukan, maka Unisba ikut serta berkiprah menyelenggarakan pendidikan tinggi formal bidang ilmu Psikologi.

Dalam proses perkembangannya Fakultas Psikologi Unisba mengalami beberapa kali  perubahan status dalam sejarahnya.  Diawali dengan status Izin Penyelenggaraan yang dikeluarkan melalui SK Kepala Dinas Pembinaan Organisasi Perguruan Tinggi Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, no. 67/DPT/B/1973 tanggal 28 Juli 1973, status tersebut kemudian berubah menjadi Terdaftar sebagai Program Studi Sarjana Muda Psikologi bidang studi klinis, dan berkembang terus sampai pada status Disamakan dalam penyelenggaraan Program Studi Sarjana Strata 1.

Seiring dengan berbagai perubahan regulasi yang berkaitan dengan pengakuan status keberadaan suatu institusi pendidikan tinggi melalui penilaian BAN PT, maka sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Fakultas Psikologi Unisba memiliki status akreditasi A. Meskipun memiliki status akreditasi A, mengingat Fakultas Psikologi Unisba merupakan salah satu Fakultas di lingkungan PTS di Indonesia yang tergolong favorit, peminat yang mendaftar tetap banyak sehingga memberi peluang untuk dilakukan proses seleksi secara ketat. Banyaknya peminat yang mendaftar  salah satunya berkaitan dengan ciri nilai-nilai Islam yang mewarnai proses dan iklim pembelajaran yang diselenggarakan di Fakultas Psikologi Unisba. Sebagai bagian dari Unisba, maka lulusan sarjana psikologi dari Fakultas Psikologi harus mencerminkan sikap 3M, yakni Mujjahid (Pejuang), Mujtahid (Pemikir) dan Mujaddid (Pembaharu). Melalui pemberian kurikulum pesantren, mata kuliah Pendidikan Agama Islam selama 6 semester serta mata kuliah Psikologi Islam diharapkan sasaran 3M yang hanya dimiliki oleh lulusan Fakultas Psikologi dari Unisba dapat tercapai. Hal lain yang juga menjadi ciri dari proses pembelajaran di Fakultas Psikologi Unisba adalah mempersiapkan lulusan untuk siap berkiprah di berbagai bidang terapan disertai ketrampilan melakukan “asesmen psikologi” dengan tepat, terampil melakukan penelitian serta memiliki  kemampuan pemecahan masalah psikologis dilandasi etika profesi yang benar. Ketrampilan-ketrampilan tersebut dilandasi oleh kemampuan mahasiswa dalam penguasaan konsep dan teori psikologi baik yang bersifat dasar maupun pengembangan yang mumpuni.

Kurikulum sebagai salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran senantiasa disempurnakan dan dikembangkan secara berkesinambungan sesuai dengan tuntutan regulasi dan perkembangan jaman. Sejauh ini Fakultas Psikologi Unisba selalu melakukan evaluasi, penyempurnaan serta pengembangan kurikulum yang digunakan sesuai dengan kondisi dan regulasi yang berlaku. Adapun kurikulum yang akan digunakan adalah kurikulum Program Studi Psikologi jenjang Strata 1 berbasis KKNI dan baru diberlakukan untuk angkatan 2017. Penyusunan kurikulum mengacu pada Peraturan Menteri Ristek dan Dikti no. 44 tahun 2015 tanggal 21 Desember 2015 tentang Standart Nasional Pendidikan Tinggi dan SK AP2TPI no. 1/Kep/AP2TPI/2015 tanggal 10 April 2015 serta ketentuan lain yang berlaku di Unisba.

Saat ini Fakultas Psikologi Unisba telah berkembang pesat dengan jumlah lulusan sebanyak 2797, berupaya untuk terus menerus memposisikan diri sebagai suatu institusi pendidikan tinggi psikologi swasta yang mengemban nilai-nilai Islami. Ciri tersebut merupakan suatu keharusan mengingat Fakultas Psikologi adalah bagian dari Institusi Perguruan Tinggi swasta ternama Unisba di Indonesia yang memiliki visi dan misi berlandaskan nilai-nilai Islam. Usaha untuk mewujudkan ciri khas Psikologi yang berlandaskan Islam terus diupayakan secara konsisten dengan melakukan pengkajian mengenai topik-topik pembahasan ilmu dan konsep psikologi yang ditinjau dari perspektif Al Qur’an dan Hadits.

Kiprah para lulusan saat ini tersebar di berbagai  instansi/lembaga pemerintah, perusahaan swasta murni, BUMN/BUMD, bank swasta/bank pemerintah, biro kosultasi psikologi dan wiraswasta. Keberadaan para lulusan yang tersebar dan menduduki berbagai posisi jabatan penting merupakan indikator bahwa eksistensi Fakultas Psikologi Unisba dapat diterima kalangan masyarakat luas.

Keberhasilannya dalam memposisikan diri sebagai salah satu fakultas psikologi perguruan tinggi swasta Islam di kancah nasional merupakan hasil kerja keras dari semua unsur baik pimpinan, dosen, tenaga kependidikan serta dukungan dari pihak universitas maupun yayasan.  Upaya peningkatan dilakukan dalam berbagai komponen yang terkait dengan sistem pengelolaan pendidikan tinggi dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku baik secara nasional, regional maupun internal di lingkungan Unisba.

Peningkatan pada komponen SDM terus dilakukan dengan mengirimkan dosen-dosen untuk melanjutkan studi pada tingkat doktoral serta mengikutsertakan pada berbagai kegiatan seminar, workshop, pelatihan, lokakarya baik dalam skala nasional maupun internasional. Selain itu peningkatan dalam membangun iklim akademik serta kecendekiawanan dilakukan dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan rutin seminar, work shop, pelatihan, diskusi kajian rutin, lokakarya dengan mengundang nara sumber yang berasal dari internal Unisba, nasional maupun internasional. Penugasan dosen pada kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi tercermin pula dalam berbagai aktivitas dosen bukan hanya pada kegiatan mengajar namun juga pada kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu dalam 3 (tiga) tahun terakhir kerjasama telah mulai dirintis dengan berbagai institusi swasta, pemerintah, pendidikan tinggi, lembaga sosial serta institusi internasional yakni Unicef. Untuk selanjutnya kerjasama dengan lembaga internasional akan mulai dilakukan secara intensif guna mencapai visi dan misi Fakultas.

Pada aspek tata kelola, struktur organisasi yang digunakan mengacu pada berbagai regulasi yang ada baik yang berlaku di tingkat internal Unisba, maupun nasional, dalam hal ini Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Dengan disertai uraian jabatan masing-masing unit komponen diharapkan akan dapat mengarahkan proses kerja untuk mencapai kinerja yang diharapkan. Pada intinya struktur kerja yang ada di Fakultas Psikologi Unisba terdiri dari unsur pimpinan, dalam hal ini dekanat, unsur operasional terdiri dari beberapa kepala seksi, unsur fungsional terdiri dari beberapa ketua bagian yang mempunyai tugas dalam hal pengembangan keilmuan serta dosen sebagai fungsional pelaksana pendidikan yang langsung berhadapan dengan mahasiswa. Selain itu peran senat fakultas sebagai badan normatif di tingkat fakultas memiliki tugas untuk mengarahkan, mengesahkan dan memberikan saran terkait dengan arah kebijakan yang dikeluarkan oleh unsur dekanat. Sistem penjaminan mutu proses pembelajaran dilaksanakan melalui keberadaan unsur Badan Penjaminan Mutu Fakultas. Unit Bagian yang ada di Fakultas Psikologi Unisba terdiri dari Bagian Klinis, Bagian Umum & Eksperimen, Bagian Pendidikan & Perkembangan, Bagian Industri & Organisasi dan Sosial.

Hal-hal yang telah dijelaskan di atas merupakan berbagai upaya peningkatan kualitas baik dalam aspek pembelajaran, SDM, manajemen maupun kualitas mahasiswa yang telah dilakukan dengan melibatkan seluruh komponen yang ada  untuk mencapai peningkatan status akreditasi kembali menjadi A. Hasil yang telah dicapai diantaranya, peningkatan pada jumlah mahasiswa yang tepat waktu, peningkatan IPK mahasiswa, peningkatan jumlah keikutsertaan dosen dalam berbagai kegiatan penelitian/pkm dan disseminasi penelitian/pkm baik di dalam negeri ataupun luar negeri, pengajuan dosen melanjutkan studi ke S3 serta peningkatan kerjasama.

Hingga tahun 2017, kepemimpinan Fakultas Psikologi pun telah mengalami  pergantian pimpinan, antara lain:

  1. Tahun 1973-1976, Dr. Zakiah Darajat
  2. Tahun 1976-1977, K.H.E.Z. Muttaqien
  3. Tahun 1977-1979, Drs. H. Hamid Sayuti
  4. Tahun 1979-1986, Drs. Yunus Bostan
  5. Tahun 1986-1988, Jend. Purn. H. Ahmad Tirto Sudiro
  6. Tahun 1988-1993, Drs. Hasanuddin Noor, M.Sc, Psikolog
  7. Tahun 1993-1996, Dra. Hj. Ely Marlina, Psikolog
  8. Tahun 1996-2004, Dra. Makmuroh Sri Rahayu, M.Si, Psikolog
  9. Tahun 2004-2006, Drs. Agus Sofyandi Kahfi, M.Si, Psikolog
  10. Tahun 2006-2014, Dr. Umar Yusuf, M.Si, Psikolog
  11. Tahun 2014-2018, Dra. Lisa Widawati, MSi, Psikolog
  12. 12.  Tahun 2018-2022, Dr. Dewi Sartika, M.Si., Psikolog

Visi, Misi & Tujuan

Fakultas Psikologi Unisba memiliki visi, misi, tujuan, dan sasaran yang sangat jelas dan sangat realistik. Pembaharuan visi dan misi Fakultas Psikologi Unisba terjadi pada tahun 2014 yang merupakan penyempurnaan visi dan misi sebelumnya dengan mengacu pada visi dan misi institusi.

Visi Fakultas Psikologi UNISBA

Menjadi Fakultas Psikologi yang mandiri, maju, terkemuka di Asia dengan berlandaskan nilai-nilai Islam

No Kata Kunci Artinya
1 Mandiri Mampu melakukan kegiatan yang kreatif dan inovatif melalui kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dengan dilandasi nilai-nilai Islam serta mampu membangun kemitraan untuk kesejahteraan mental umat.
2 Maju Melakukan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi secara berkelanjutan untuk mencapai kualitas dan kuantitas yang terus meningkat.
3 Terkemuka Fakultas Psikologi yang menjadi rujukan khususnya dalam pengembangan integrasi ilmu Psikologi dan Islam serta penanganan masalah psikologis untuk meningkatkan kesejahteraan mental umat.

Misi Fakultas Psikologi UNISBA

  1. Mengelola penyelenggaraan pendidikan tinggi Psikologi yang berlandaskan nilai-nilai Islam.
  2. Meningkatkan penelitian yang berguna bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan mental umat manusia yang berlandaskan nilai-nilai Islam.
  3. Mengembangkan pengabdian pada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mental umat manusia yang berlandaskan nilai-nilai Islam.
  4. Membangun kualitas SDM yang profesional dan berakhlakul karimah.

Program Studi

Program Studi Jenjang Akreditasi Link Telepon
Psikologi S1 A https://psikologi.unisba.ac.id/ (022) 4264064, 4203368 ext. 133
Magister Psikologi  Magister B